Cara Membuat Transaksi dengan Java



 Assalamualaikum para pembaca blog gue yang budiman, oke kali ini saya akan membahas tutorial java, kali ini mengenai konsep transaksi di Java. dalam membuat aplikasi transaksi di java ini, saya menggunakan 3 tiga tabel database.. bisa di lihat di gambar di bawah ini..


yaps.. dalam 3 tabel tersebut ada :

tabel barang, tabel transaksi dan tabel transaksi_detil

 di dalam atribut tabel barang ada
-kd_barang varchar(45)
-nama varchar(45)
-jumlah int
-harga double

kemudian tabel transaksi
kd_transaksi varchar(45)
tanggal Date
karyawan varchar(45)
total double

kemudian tabel transaksi_detil
kd_transaksi varchar(45)
kd_barang (45)
jumlah int
harga double

oke dari ketiga tabel database tersebut sudah saya gunakan konsep trigger, jadi yang belum tau konsep trigger itu apa, konsep trigger itu proses memanipulasi data dalam database ketika tabel 1 di insert, kemudian tabel yang mempunyai kunci tamu akan ikut terisi dan kemudian jumlah stok barang yang ada dalam tabel barang pun akan berkurang seiringnya proses transaksi. jadi kurang lebih seperti itu gambaran konsep trigger yang saya buat untuk aplikasi transaki yang saya buat ini dengan java..

kemudian dibawah ini adalah screenshot dari contoh aplikasinya jika di runing..

Form Transaksi

Proses Ambil Barang yang ingin dibeli

Barang yang dipilih akan masuk ke dalam tabel

yap gambar di atas adalah sekilas proses transaksi yang saya buat...kemudian dibawah ini merupakan sekilas dari codingan com/transaksi/dao/TransaksiDao




bagi teman-teman yang ingin mendownload full program yang saya buat seperti diatas dan sekalian ingin mencobanya, bisa di download di github milik saya, silahkan kunjungi disini ->downloadTransaksi

oke sekian tutorial dari saya, tentang membuat konsep transaksi di java, semoga bermanfaat :D















Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar: