Aplikasi Apotek [Sederhana] dengan Java



Assalamualaikum..para pembaca blog gue yang budiman, oke kali ini gue bakalan sharing aplikasi apotek yang gue buat..untuk membuat aplikasi apotek ini, gue cuma make library MySQL JDBC DRIVER dan JASPER REPORT 4.7  untuk lebih jelasnya langsung aja ini dia gambaran dari aplikasi yang gue buat bisa diliat dibawah ini..cekidot..

1. Form Login Petugas


bisa diliat gambar diatas, saya sertakan ada 3 button, yaitu button Login, Button Batal dan Button Singup..nah buat kalian yang pengen nyoba untuk masuk ke sistem apotek yang gue buat, bisa Singup dulu..



2. Singup petugas atau buat data baru Username dan Password 



yaps..gambar diatas yaitu form input user, ada kd_pengguna, username, dan password..


3. Login System




yaps..kalau teman-teman udah berhasil singup, tinggal dimasukkin aja username dan password yang teman-teman bikin tadi di form singup user tadi.. disini saya menggunakan username Admin, dan password yaitu admiin juga..


4. Tampila Beranda atau tampilan utama dari apotek yang gue buat



bisa diliat gambar diatas, kalau udah berhasil masuk, nanti akan masuk ke menu utama apotek, kira-kira seperti inilah tampilan utama apotek yang gue buat..


5. Form input kategori



gambar diatas, yaitu form input kategori obat, pertama..kita isi dulu kd_kategorinya kemudian isi jenis kategori yang ingin kita input...


6.  Form Input Obat


gambar diatas yaitu tampilan dari form input obat..


7. isi Form input obat




kemudian isi form obat.. tentukan sesuai nama obat yang ingin kita input, dan kategori sesuai yang tadi kita sudah buat di form kategori..

8.  Data berhasil disimpan ke database apotek



setelah kita berhasil menginput data yang tadi kita isi, nanti hasilnya akan masuk ke dalam tabel obat..


9.  Form input Transaksi obat



yaps..gambar diatas adalah tampilan dari form transaksi penjualan obat.. kemudian kita isi..


10. isi form input transaksi penjualan obat


pilih obat yang ingin kita masukin ke form transaksi..bisa diliat obat diatas cuma ada satu, karena tadi gue cuma nginput data obatnya cuma satu aja.. kemudian klik checkbox yang paling kanan, kemudian tekan button "Ambil"


11. isi jumlah obat yang ingin dibeli



yaps..kemudian tentukan jumlah obat yang ingin dibeli... caranya tinggal klik dua kali di kolom "Jumlah" kemudian isikan jumlah obat yang dibeli.. 



bisa diliat lagi, gambar diatas, jumlah obatnya gue isi 2.. 



12. Hitung Transaksi penjualan obat



 bisa diliat gambar diatas, setelah kita berhasil memasukkan jumlah obat yang kita ingin beli, kemudian tekan button "Hitung.." 


13. Save transaksi penjualan


kemudian kita save... yaps jika berhasil akan muncul dialog sepeti diatas, setelah berhasil kemudian tekan button cetak, cetak disini untuk menampilkan nota atau transaksi penjualan obat yang tadi sudah kita save..

14. Report atau tampilan dari laporan transaksi penjualan obat



bagi teman-teman yang pengen download aplikasinya bisa download aplikasinya disinii..
pembaca yang baik adalah, pembaca yang selalu meninggalkan jejak..hehehe :D #SalamOpenSource

Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

59 komentar:

avatar

Masukkan komentar Anda...itu udah full versi apa harus registrasi min?

avatar

Rusmanto : maksudnya apaan ya..kurang paham. Hehe

avatar

Bos ijin download..makasih aplikasinya bwt referensi belajar

avatar

Setioko yoko : oke..monggo silahkan :D

avatar

Ijin downlod om, makasih bahan pembelajarannya

avatar

Yo..monggo, semoga bermanfaat ya:D

avatar

..mantaph bang, bagus utk bahan pembelajaran

avatar

valentinus : simak terus blog ini ya, setiap minggu gue ngasih tutorial seputar java, sama bagi sourcode program gratis :D

avatar

Izin Gan buat Refrensi Pemograman Java.

avatar

Jay Yoehank : yoo monggo silahkan mas :D

avatar

izin download gan
hee buat belajar

avatar

Deden : oke mas..silahkan:D

avatar

Om Dicka, izin download.. Makasih Source kode nya, sangat bermanfaat untuk belajar😊

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar

IZIN download Gan, semoga Lancar terus

avatar

kok gabisa signup dan login yaa?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar

ijin download gan,,terima kash banget..

avatar

Ijin download mas .. terima kasih ya

avatar

assalamualaikum.. boleh request tutorial membuat aplikasi ini gak? dalam bentuk video lengkap sama source-code nya.

avatar

kalo kata saya harus buat databasenya dulu

avatar

Mantap banget!!!!! Deadline Gua dimajuin 1 Minggu , Sangat Membantuuuu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

avatar

izin download... Bahan Pembelajaran bagi saya.

avatar

aplikasinya bagus gan, tapi gimana cara downloadnya ? soalnya saat download ada peringatan signature is invalid, try again

avatar

terimakasih banyak gan..

tp ini sudah ada koneksinya belum ya? Soalnya udah bikin database-nya, tp ngga ke-record.
mohon bantuannya..

avatar

gan aplikasinya waktu di run kok gk bisa keluarnya class "..." does not have a main method

avatar

izin comot buat pembelajaran gan terima kasih banyak..
gan ada contoh² project² java lain nya gak? thanks ��

avatar

ada..coba masuk kesini --> https://github.com/dickanirwansyah

avatar

lambang kopi-nya yang di click terus run..

avatar

koneksiin dulu ke db server..sesuaikan username sama passwordnya.

avatar

download dulu library jasper reportnya..

avatar

boleh...bayar tapi hehe

avatar

ada yang error mas
https://image.ibb.co/caC7jS/Capture.png

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar

sama gw jga error d bagian itu

avatar

trims gan. sangat membantu

avatar

sama error juga, apanya ya ?

avatar

kak pakek jespeer report yang versi berapa ya ?
soalnya saya udah import ttp ga jalan jesper nya.. mohon bantuannya
atau saya boleh mintak jesper reportnya '?

avatar

thx sangat membantu nihh wkw

avatar

izin ser ya untuk belajar

avatar

kok ga bisa download ya gan filenya?

avatar

Password login ny apa ko ga bsa masuk

avatar

gan, ane mau download berkas nya udh di apus :(

avatar

kok gak bisa di download Link file yang Anda minta tidak berlaku.

minta file nya bang

avatar

HAI.. SALAM DARI MASA DEPAN

avatar

ijin download kalo bisa sama kodingnya hehehe