Cara Membuat Autonumber di PHP MYSQLI




Assalamualaikum para pembaca blog saya yang budiman, oke kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat Autonumber dengan PHP. untuk lebih lanjutnya mari kita praktekkan, cekidot..

pertama-tama teman-teman bisa desain database dengan contoh seperti gambar yang dibawah ini yang saya buat..


buatlah 1 satu tabel, yang isi atributnya itu ada :

kd_barang varchar (45)
nama varchar (45)
jumlah int
harga double

nanti kita akan membuat autonumber berdasarkan dari kd_barang yang ada, dan kd_barang yang saya buat memiliki tipe data String atau varchar(45).

kemudian buatlah projek PHP, jika kalian menggunakan oprating system linux, bisa di taruh ke folder /var/www/html  atau kalian menggunakan XAMPP bisa ditaruh di folder httdoc,  tapi kali ini saya tidak akan menjelaskan lebih detail mengenai pembuatan projeknya..

kemudian kalian bisa copy-paste sourcode dibawah ini, entah di notepad, notepad++, eclipe PDT ,NetBeans, Sublime ataupun editor kesayangan kalian..



jika sudah coba buka localhost/namaProjek_kalian.. jika berhasil maka tempilannya akan seperti gambar dibawah ini..


yaps..ketika berhasil maka di dalam textfield akan muncul dengan sendirinya KB/0001. sekian tutorial dari saya mengenai membuat autonumber dengan PHP.

jika teman-teman masih bingung dengan cara diatas, bisa langsung saja comment dibawah atau bisa download full sourcode contoh program diatas di github milik saya-->downloadAutoNumber

atau juga bisa dilihat video berikut bagaimana cara membuat autonumber dengan php..


Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

2 komentar:

avatar

Permiasi Gan , saya kan sedang kerja praktek di sekolah, nah saya ingin membuat nis otomatis. tetapi data di table saya masih kosong sedangkan data yang diberikan dari pihak sekolah itu nis sudah sampai no 7000. nah bagaimana saya membuat nis otomatis yang di mulai dari nis 7000 itu

avatar

maaf gan baru bales..gampang gan, itu datanya dibuat tipenya String/Varchar aja..nah disitu kita buat method PHP buat autonumber dengan parameter awalnya "700"..logic nya sih gitu..