JasperReport [ Menampilkan Barchart Pada JfreeChart ]




Assalamualaikum.. para pembaca blog gue yang budiman, kali ini gue bakalan sharing tutorial lagi tentang java, yaitu penggunaan JasperReport untuk menampilkan grafik, grafik yang digunakan yaitu BarChart. Requirtment yang dibutuhkan dalam pembuatan grafik BarChart di JasperReport yaitu.. lihat gambar dibawah ini !



Library yang gue gunakan yaitu MySQL JDBC Driver dan JasperReport versi 4.7.. digambar yang gue garis biruin..itu adalah library JfreeChart, itu mesti wajib ada dalam pembuatan grafik, biasanya JasperReport sudah menyediakan library JfreeChart tersebut, tinggal di cari aja..

untuk pembuatan databasenya bisa dilihat di gambar dibawah ini..


catatan : nama database-nya grafik dan nama tabelnya yaitu pelajaran. 
oke langsung aja disini gue bakalan ngejelasin langkah-langkah dalam membuat grafik di JasperReport..


1. New Report Wizard 



kemudian pilih Blank A4 kemudian klik Next.. 


2. Beri nama file 



disini gue ngasih nama file yaitu "BarchatRpt.jrxml" kemudian klik Next lagi sampai finish!!...nama file hanya opsi aja gak harus sama dengan nama file yang gue buat..


3. Tampilan


kemudian akan muncul tampilan blank report sepeti gambar di atas!


4. Drag and Drop




kemudian pilih menu Char, kemudian Drag and Drop ke dalam tampilan report yang sudah kita buat tadi...


5. Pilih Grafik



di gambar diatas gue milih Bar 3D..lalu klik Ok..


6.  Category Chart Wizard




disini langung aja klik Finish aja..


7.  atur report sedemikian rupa



gambar diatas adalah contoh grafik BarChart yang tadi gue buat..


8.  Klik Chart Data



kemudian kelik kanan pada gambar grafik tadi, kemudian pilih menu "Chart Data".


9.  Chart Details



maka akan muncul dialog Chart Detail sepeti gambar diatas.. , kemudian pilih Tabs "Details" dan Klik "Add"


10.  Input Data


kemudian di "Series expression", "Category expression" dan "Label Expression" kelik button yang ada di samping kanan...


11. Expression Editor


Kemudian akan muncul seperti gambar diatas.. kemudian pilih Fields..yaitu nama_siswa, disini adalah nama dari class pelajaran yang saya buat.. kemudian klik Apply..kemudian akan muncul dialog seperti di gambar no 10.. kemudian isi kembali data seperti di atas.. isinya sama semua untuk "Series expression", "Category expression" dan "Label Expression" .


12. isi data Value Expression


kemudian isi data "Value expression" seperti gambar diatas! pilih "Fields" kemudian pilih "total_nilai" kemudian seperti biasa klik Apply!



13. Hasil Tampilan dari yang sudah kita buat tadi






14. Tampilan Program






15. Hasil Dari Reportnya





kemudian hasil akhir seperti gambar diatas...nah bagi teman-teman yang masih bingung,  bisa  download program yang saya buat diatas tadi, disini..


Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

1 komentar:

avatar

Itu yang digambar hasil report matematika saja kan, misalkan ditambahkan beberapa nama mata pelajaran lain apakah report grafiknya jadi satu report atau beda report?