Daily : Pengalaman make oprating sistem Linux

Assalamualaikum para pembaca blog gue yang budiman, udah lama ya gak ngeposting di blog lagi dan baru kali ini lagi akhirnya bisa nyempetin buat bercengkrama sama akun blog gue yang udah lama kagak gue buka.. gak tau udah berapa windu ini udah gak ngeposting lagi.. sudahlah lupakan..
oke baliknya lagi gue ke blogger ini, gue mau ngasih tau aja, sekarang gue udah *ehm.. semester 4 dan tandanya sedikit lagi gue mau jadi mahasiswa tingkat akhir.. siap-siap dah skripsi dan dibantai sama dosen penguji *hiks

yaps..postingan gue kali ini gue mau banget berbagi pengalaman gue, seputar di dunia teknologi dan informasi.. karena berhubung jurusan kuliah gue itu berbau sistem dan komputerisasi makanya gue mau cerita soal pengalaman gue menggunakan yang namanya Oprating System Linux! 
Oke..pasti diantara di hati kalian ada yang nge-ganjel ya dan bertanya-tanya..

Linux apaan si? makanan bukan?

Linux apaan si? Nama orang ya?

Linux apaan si? Nama komunitas ya?

Oke..linux itu bukan nama orang, bukan juga nama komunitas apalagi nama makanan!! Linux itu sistem oprasi yang ditanam di dalam PC(personal komputer). Dulu pas gue masih duduk dibangku playgroup, gue kira sistem oprasi atau oprating system itu cuma Windows aja.

tapi pas semenjak gue di tatar sama ketua senat di fakultas teknik dimana gue kuliah, gue mulai membuka cakrawala pemikiran gue di dunia khususnya dunia IT(Informasi Teknologi) *asik..*
yaps..yang tadinya gue cuma kenal sama oprating sistem windows aja, tapi pas gue masuk kuliah jurusan Teknik.. gue bisa kenal berbagai macam dan sifat dari sistem oprasi yang sering ditanam di dalam komputer-komputer ataupun laptop yang orang-orang pake setiap hari dalam menjalankan tugasnya..

awal mulanya gue mulai menggunakan sistem oprasi linux ini, ketika gue semester 2.. yaps mulanya gue kesel sama laptop gue!! soalnya setiap copot pasang flasdiks ataupun berselancar di dunia maya, pasti sering ada peringatan dari aplikasi anti virus gue! kalau laptop gue itu terinfeksi dengan virus ini, virus itu, virus bla.. , virus bli.. dan virus-virus lainnya..

dan setiap bulan juga laptop gue, gue instal ulang sistem oprasinya.. tujuannya cuma satu! yaps biar virusnya ilang.. virusnya emang ilang, tapi pas lama-lama kemudian muncul lagi.. dan itu membuat gue tambah stress! *banting laptop..* 

akhirnya gue referensi dan bertanya-tanya sama mbah gugel, orpating sistem ada gak yang tahan terhadap oleh virus.. akhirnya beberapa detik kemudian mbah gugel merespon isi dan keluhan dari hati terkecil gue yang paling dalam..*tsah...*
yaps..dari gugel banyak banget artikel-artikel bertebaran soal oprating sistem yang tahan dan tidak rentan terhadap virus! dan gue baca artikel demi artikel, dan ternyata semua artikel tujuannya sama dan hasilnya juga sama.. ternyata oprating sistem yang tahan terhadap virus itu adalah LInux!! *yeah...*

gak berapa lama gue nanya lagi sama mbah gugel, cara dan bagaimana menginstall oprating sistem linux dan apakah sama dengan windows yang gue pake pada sebelumnya?! akhirnya gue buka artikel demi artikel lagi..akhirnya fix gue menggunakan oprating sistem linux, pada awalnya distro atau jenis linux yang gue pake itu linux ubuntu versi 10.10 Maveric Meerkat. 


Contoh dari media player pemutar musik di linux 10.10 (Maveric Meerkat)



Tampilan Dekstop Linux 10.10 (Maveric Meerkat)


*Contoh lain lagi Linux 10.10 (Maverick Merkaat)*







akhirnya gue instal juga linux ubuntu gue di laptop tercinta gue... eitss.. tapi gue ngalamin kendala!! kendalanya itu cara menggunakan oprating sistem jenis linux ini. yaps ternyata eh ternyata oprating jenis ini user harus diharapkan lebih inisiatif lagi untuk belajar dan mengulik-ulik lagi tutorial-tutorial yang bersangkutan dengan cara bagaimana menggunakan oprating sistem linux!

fix akhirnya gue bete, gue kesel dan gue galau.. soalnya pas make windows biasanya tinggal Klik aplikasi terusn Running kemudian kelar.. soalnya windows itu kan udah GUI (Grafis User Interface), tampilannya friendly dan ngemudahin user dalam pemakaiannya.. 
tapi gue kagak patah arang.. gue terus mencari-cari tutorial bagaimana cara menggunakan oprating sistem jenis linux ini supaya gue expert.. *asik

terus nyoba dan nyoba akhirnya gue mulai terbiasa dengan jenis oprating sistem linux ini dan gue sempet meng-klaim, kalau sistem oprasi linux ini keren daripada sistem oprasi windows! *yeah..* 
kenapa gue bisa bilang begituhhh?? yaps.. di linux, kita bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang berlisensi tapi opensource alias free...alias GRATIS alias GRETONGAN~ 
dan sistem oprasinya pun cukup friendly juga menurut gue, kalau kita sering menggunakannya dan sering belajar jenis oprating sistem linux ini.. 

Akhirnya gue mulai jatuh cinta sama sistem oprasi linux dan fix mulai benar-benar hijrah dari sistem oprasi windows vista gue.. yang bapuk dan lemot itu *nyalain api..* *bakar laptop..*
dan sedangakan kalau di windows, kita mesti make aplikasi windows bajakan alias kagak asli atau bahasa orang-orang yang melek IT itu aplikasi crack-an.. dan ditambah lagi dengan banyaknya virus yang sering masuk pergi ke dalam oprating sistem kita.. itu bisa bikin file ataupun data menjadi rusak! *fuck virus..*

makanya sampai saat ini gue masih setia sama sistem oprasi linux, gak cuma itu aja sih alasan gue kenapa gue make oprating sistem linux.. alasan gue make linux juga didukung dari segi pendidikan atau jurusan gue saat ini! karena jurusan gue itu Teknik informatika, yaps dimana mahasiswanya dituntut untuk mengetahui hal update tentang seputar dunia komputer ataupun informasi.. jadi mau gak mau gue harus open mindset atau membukan cakrawala gue dalam dunia IT.. oh iya bukan itu aja sih kenapa gue suka make linux, gue suka linux soalnya banyak variansi distronya atau jenis dan tipe-tipenya.. jadi bukan linux ubuntu aja versi yang dimiliki sama linux, tapi bervariasi ada linux mint, Arch linux, Kali linux, Backtrack, Fedora pokoknya masih banyak dah.. bisa kalian referensi kok di gugel hehe..

dan ternyata IT itu kompleks dan luas, yang tadinya gue cuma kenal oprating sistem cuma windows aja, tapi pas gue mulai membuka pola berfikir gue *asik..* ternyata di dunia ini banyak banget sistem oprasi yang mampu di tanam di dalam sistem komputer kita ataupun laptop yang sering kita pakai sehari-hari.. *asik..* pokoknya bangga dah make sistem oprasi linux gak mau pindah ke yang lain.. ibarat hubungan berpacaran itu.. udah sama-sama saling nyaman  dan terjaga deh pokoknya *tsah..* 

oke kayaknya pengalaman gue tentang make oprating sistem linux sampe disini aja dulu, padahal masih banyak yang pengen gue sampein dan gue tuangin dalam blog gue ini, tapi berhubung kuota internet gue mulai sakaratul maut gue udahin aja dulu postingan gue kali ini... lain kali di part selanjutnya gue bakalan cerita lagi tentang linux... hehehe sekian dari gue semoga para pembaca blog yang baca postingan gue kali ini jadi terinspirasi buat ganti dan hijrah ke oprating sistem linux *yeah..semoga..* dan buat kalian yang pengen lebih tau atau pengen nyoba-nyoba sistem oprasi linux jenis ubuntu ini, bisa kalian kunjungin website resminya di www,ubuntu.com hehe  #SalamOpenSource #SalamSuper 




Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar: