Hal yang harus lo perhatiin ketika pengen milih jurusan di kuliah




Assalamualaaikum para pembaca blog gue yang budiman, udah lama rasanya udah kagak ngeposting lagi, maklum susah banget buat konsisten nulis di blog akhir-akhir ini.. nyari waktu senggangnya susah udah gitu tugas semakin hari semakin numpuk udah kayak cinta gue ke mantan gue *alah kok jadi curhat yak..*  oke lupakan soal mantan, kali ini gue mau ngebahas soal jurusan! yaps berhubung masih hangat-hangatnya ujian nasional, makanya gue mau ngebahas soal jurusan kuliah!

btw gimana? nilai UNnya sob and sist? bagus gak? lulus gak? ya..kalau misalnya lulus gue cuma mau bilang "baguss....dan selamat menempuh kehidupan yang lebih real daripada sekolah!!:p.." ya tapi kalau diantara kalian masih ada yang belum beruntung atau belum lulus, mungkin jasa,fikiran dan uang lo masih dibutuhin sama sekolah.. jadi yang sabar ya tuhan maha adil kok, jangan putus asa karena kegagalan adalah awal dari kegagalan yang berikutnya *eh

oke kembali ke topik utama yaitu jurusan!! sob and sist?? gue yakin diantara kalian masih ada yang bingung kan, mau milih jurusan kuliah yang pas itu gimana, terus jurusan yang pas dihati itu kayak apa?! nah maka dari itu sob and sist.. dengan adanya kakak disini, gue bakalan ngejelasin apa aja sih yang mesti lo perhatiin ketika mau milih jurusan di kuliah nati? oke langsung aja ini dia cekidot...

1. Jurusannya Familiar

yaps point pertama yang mesti lo liat ketika lo pengen milih jurusan dikuliah nanti ialah.. jurusannya familiar atau enggak, banyak peminatnya atau enggak! jangan milih jurusan yang belum dikenal banyak orang..

nah terus jurusan yang familiar apaan dong dik?  

wah banyak banget! dari jurusan ekonomi, akuntansi, manajemen, hubungan internasional... pokoknya selebihnya bisa lo cari di gugel sob and sist!! dan yang pasti kalau jurusan udah familiar udah pasti ketika lo lulus nyari kerja "insyaallah" nyari kerja "agak" gampang..


2. Nilai Potensi dan Kemampuan yang lo punya

                                                   

milih jurusan kuliah itu sama sob kayak nyari jodoh! gampang-gampang susah, mesti cocok-cocokan dan yang pasti mesti ada chemistry juga..*tsah..*  nah yang gue maksud dari point ini, lo mesti tau kemampuan lo disini itu apa! ,  keahlian lo disini apa!,  layak atau enggak gue masuk jurusan ini!, dan yang lebih utama sanggup atau gak gue ngikutin pelajarn yang ada dijurusan yang gue pilih?!

kadang kebanyakan maba-maba atau mahasiswa baru itu masih pada belum faham sama konsep yang satu ini, kadang maba alias mahasiswa baru, yang ada di mindsetnya itu "yang penting gue masuk kuliah.." , "yang penting tahun ini gue gak nganggur yang penting bisa kuliah nyenengin papah sama mamah gue..".

nah maka dari itu men..mindset kayak gitu mesti lo rubah dan buang jauh-jauh! kan gak enak loh masuk kuliah tapi jurusan yang lo pilih ini gak sesuai sama hati? ibarat beli sepatu, tapi kesempitan udah pasti kagak ada nyaman-nyamannya sob! sama kayak milih jurusan, yang pasti ngikutin semua pelajaran yang ada dikampus jadi rada susah soalnya lo kagak punya bekel untuk masuk jurusan yang lo pilih! maka dari itu buat maba alias mahasiswa baru.. be smart!!


3. Pilih yang murah tapi berkualitas

nah..disamping ngebahas soal jurusan gue juga mau ngasih tips juga buat lo yang mau milih kampus! yaps milih kampus kagak usah yang mahal-malah, apalagi sampe nguras kantong orang tua! yang penting mah dari diri lo sendiri, sukses itu gak harus dan gak mesti ditebus dengan biaya yang mahal, dan gue inget juga apa kata orang tua gue "sukses itu bukan ditentuin dari seberapa mahalnya itu kampus tapi ditentuin dari seberapa besarnya tekat yang kamu punya buat menjadi orang sukses!". #SalamSuper


4. Liat jurusan sebelumnya

yaps yang gue maksud dari point yang satu ini,   lo mesti liat dulu pas disekolah jurusan lo itu apa? Ipa atau Ips? kalau Ipa coba refrensi jurusan apa aja yang pas buat jurusan Ipa dan kalau lo Ips liat juga jurusan apa yang pas dan cocok buat kalian yang anak Ips...

eits..tapi point yang satu ini gak harus banget diperhatiin dan dipraktekkin banget kok, bahkan gue aja nyimpang.. yang tadinya gue jurusan Ips, tapi malah ke Teknik, kalau teknik itu dianjurin banget buat anak STM kalau gak anak SMA tapi jurusannya Ipa. tapi whateverlah...kalau emang udah sehati, udah cocok dan udah cinta banget mah pasti enjoy-enjoy aja ngejalaninnya..:)


5. Jangan Ikut-ikutan karena temen

nah..apalagi ini! ngambil jurusan karena ikut-ikutan karena temen! itu gak bangedd... inget sob and sist,..milih jurusan itu kayak milih jodoh lo dimasa depan mesti dari hati, mesti harus ada chemistry antara lo dan jurusan yang pengen lo ambil *asik* 

masa milih jurusan karena temen.. mentang-mentang udah temenan hampir 3 tahun milih kuliah sama, milih jurusan mesti harus sama juga? emang kagak bosen? hidup itu mesti berkembang sob and sist.. gak harus nge-stuck disitu-situ aja. 

ingatlah.. ketika kalian milih jurusan berdasarkan karena ikut-ikutan niscaya pasti suatu saat kalian bakalan nyesel..*asik..*   maka dari itu sob and sist.. kalau bisa dari sekarang lo coba-coba aja refrensi digugel.. jurusan apa aja yang pas dan cocok buat kalian..dan kalau bisa tanya sama kakak-kakak kelas kalian yang sekarang udah kuliah, siapa tau aja punya solusi buat kalian..


oke..kayaknya tips-tips dari gue dalam memilih jurusan kuliah sampe disini aja dulu, semoga aja bermanfaat buat kalian yang sedikit lagi jadi maba alias mahasiswa baru, oh iya...selamat juga buat kalian yang udah lulus..selamat menempuh hidup yang lebih real dan yang pasti lebih kejam dari sekolah.. dan buat yang belum lulus..sering-sering istigfar aja, rajin-rajinlah shalat malam, istiqomah dan yang pasti sering-seringlah ngemilin obat nyamuk bakar..:p



Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

1 komentar:

avatar

Poin 5 penting banget! Beberapa orang kawan ku jugak merasa salah ambil jurusan karena komporan temen. Akhirnya karena ngga sreg, kuliahnya jadi setengah hati en banyak yang di-DO :(